Selasa, 04 Maret 2014

IMPG-YKB Beri Edukasi Cegah Kanker Serviks

JAKARTA, bkkbn online
International Pharmaceutical Manufacturers Group (IMPG) bersama Yayasan Kusuma Buana (YKB) meluncurkan program Pemberdayaan Perempuan dalam Pencegahan Kanker Serviks. Program ini merupakan upaya pencegahan secara dini melalui edukasi agar para wanita lebih waspada terhadap penyakit kanker serviks.
“Kesadaran masyarakat, terutama wanita terhadap bahaya kanker serviks. Sebagian besar wanita datang terlambat untuk periksa atau sudah stadium lanjut. Sehingga lebih sulit untuk menyembuhkannya dan memerlukan biaya tinggi, angka kematiannya pun masih tinggi,” kata Dr Adi Sasongko, MA, Director of Health Services Yayasan Bunda Kusuma di di Klinik Keluarga Yayasan Kusuma Buana, Jalan Pisangan Baru III nomor 210, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (25/2).
Padahal, kanker serviks (leher rahim) ini dapat dicegah. Oleh karena itu, pihaknya memberikan informasi dan edukasi kepada para perempuan agar memiliki kesadaran untuk melakukan deteksi dini. Pemerintah pun saat ini telah memberikan fasilitas pemeriksaan deteksi dini kanker serviks bagi peserta BPJS Kesehatan.
Klinik YKB telah menjalankan program ini sejak November 2013 dan dilaksanakan di tiga wilayah Jakarta, yaitu Jakarta Timur, Selatan, Utara, dan wilayah Bekasi Barat yang terdapat klinik YKB. Target sasaran dari program ini adalah para warga yang kurang mampu.
Klinik-klinik YKB berada di Pisangan Baru, Tanjung Priok, Palbatu, dan Bintara. Saat ini telah terdapat 30 orang kader di Klinik Keluarga Pisangan Baru dan mereka melakukan langkah-langkah proaktif sebagai upaya peningkatan kesadaran terhadap kanker serviks, termasuk mengunjungi rumah-rumah warga dan melakukan kampanye di acara-acara sosial seperti arisan.
Melalui program ini, para wanita yang tinggal di sekitar wilayah klinik dapat melakukan tes pap smear dan konseling secara gratis. Di awal-awal tahun ini, 2.000 wanita ditargetkan untuk melakukan deteksi kanker serviks," imbuh Chairman IPMG, dr Luthfi Mardiansyah.(kkb2)



·        Sumber: http://www.bkkbn.go.id/ViewBerita.aspx?BeritaID=1001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger